Bisnis waralaba makanan adalah salah satu jenis bisnis kekinian, yang dipercaya bisa cepat memberikan keuntungan besar, tanpa harus membangun usaha dari nol. Waralaba juga dikenal sebagai franchise, artinya adalah hak atau kebebasan.

Baca juga informasi : Pemasaran Terbaik 

Jika dalam undang-undang di Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah sebuah ikatan dimana salah satu pihak diberikan kebebasan atau hak untuk menggunakan hak kekayaan intelektual, atau sebuah ciri khas usaha dari pihak lain.

https://ldpmedia.co.id/website/

Tentu saja dengan imbalan tertentu, misalnya saling bagi hasil, atau lainnya sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.

Tips Memilih Waralaba Makanan

Belakangan ini bisnis waralaba semakin meluas di Indonesia, dari mulai waralaba minuman kekinian, sampai aneka makanan khas yang sering ditemui di sudut-sudut minimarket, di mall, atau di tempat ramai lainnya.

Baca juga informasi : jasa website gratis iklan

Sekilas memang terlihat tak ada risiko sama sekali, kita hanya membayar sejumlah dana untuk daftar franchise, kemudian bisa mulai usaha karena semua stok barang sampai kemasan dan gerobak jualan pun disediakan.

Tetapi jika tidak berhati-hati, maka kita bisa jatuh rugi sebab tak memilih waralaba makanan yang tepat.

Berikut ini adalah tips memilih waralaba makanan yang anti rugi, silahkan disimak :

  1. Pilih bidang waralaba yang paling disukai. Karena yang pertama adalah kebahagiaan kita saat mengerjakannya. Pilih waralaba yang kita sukai, apakah di bidang makanan, minuman, atau produk lainnya?
  2. Pilih produk dan jasa yang sedang dibutuhkan masyarakat. Ini penting untuk melihat seberapa besar peluang kita sukses dengan waralaba yang dipilih. Misal di lingkungan kita dekat komplek perkantoran yang sibuk, maka waralaba snack pengganjal perut atau minuman kekinian besar kemungkinan akan laris manis.
  3. Jangan mudah percaya kisah sukses orang lain. Alamiah jika saat mendengar kisah sukses orang, lalu kita ingin mengikuti jejaknya dengan harapan mendapatkan kesuksesan yang sama. Tetapi tak semua kisah itu benar, selalu ada bumbu-bumbu untuk membuat kisah terdengar dramatis. Sarannya, ikuti saja kata hati dan pilih waralaba yang memang diminati masyarakat, kerjakan dengan sepenuh hati supaya kita bisa mewujudkan kisah sukses kita sendiri.
  4. Sesuaikan modal yang dimiliki. Cobalah untuk menghitung berapa banyak modal yang dimiliki, baru setelah itu cari waralaba makanan yang sesuai dengan bujet yang dimiliki. Kecil-kecilan tak mengapa, setelah ada modal tambahan bisa diperbesar dengan fasilitas yang lebih lengkap. Jangan sampai mengambil cicilan, karena bisa jadi keuntungan hanya habis untuk mencicil kredit waralaba tersebut.
  5. Carilah lokasi yang strategis. Yang terakhir adalah pilih lokasi paling strategis untuk memulai usaha, karena itu yang akan menentukan apakah usaha waralaba makanan kita akan laris atau tidak. Pastikan juga promosi medsos lebih gencar, supaya bisa menggaet lebih banyak pembeli.

Demikian adalah beberapa tips memilih waralaba makanan anti rugi, yang terpenting adalah melakukan riset terlebih dahulu.

Karena semua usaha yang dilakukan diharuskan melalui tahapan yang matang, perencanaannya, perhitungan modal dan biaya hariannya, sampai memilih lokasi pun tak bisa sembarangan.

Baca juga informasi : Peluang Bisnis

Memilih bisnis franchise makanan menjadi pilihan yang tepat, apalagi mengingat pekerjaan ini bisa dilakukan tanpa perlu ujicoba dan riset makanan yang akan dijual itu sendiri.

Kita menjadi lebih hemat waktu dan tentu sisa waktu tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan waralaba makanan yang telat dipilih. Semoga informasi ini bermanfaat!