Bagi anda yang memulai dan menjalankan bisnis pastinya memikirkan untuk membuat merek supaya dapat dikenal oleh konsumen. Pada masa awal menjalankan bisnis sebuah kesalahan jika tidak mendaftakan merek anda di DJKI.

Sebelum jauh membahas lebih jauh, ap itu merek ?  adalah penanda identitas dari sebuah produk barang atau jasa yang ada dalam perdagangan.

Namun tidak hanya sebagai identitas, merek juga berperan penting mewakili reputasi tidak hanya produknya.Namun juga penghasil dari produk barang/jasa yang dimaksud bahasa kerennya saat ini brand.

Hak Merek merupakan bentuk perlindungan HKI yang memberikan hak eksklusif bagi pemilik merek terdaftar untuk menggunakan merek tersebut dalam perdagangan barang dan/atau jasa, sesuai dengan kelas dan jenis barang/jasa untuk mana merek tersebut terdaftar

Satu hal yang perlu dipahami adalah, pendaftaran Merek untuk memperoleh Hak Merek bukan berarti ijin untuk menggunakan merek itu sendiri.

Siapapun berhak memakai merek apapun didaftar ataupun tidak  sepanjang tidak sama dengan merek terdaftar milik orang lain di kelas dan jenis barang/jasa yang sama.

Hanya saja, dengan merek terdaftar, si pemilik merek punya hak melarang siapapun untuk menggunakan merek yang sama dengan merek terdaftar miliknya tadi, tentunya untuk kelas dan jenis barang/jasa yang sama.  

Pendaftaran di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJKI) hal pertama yang dapat lakukan supaya dapat menjadi asset yang berharga menyelematkan merek dagang bisnis anda.

Dalam dunia bisnis HKI bisa menjadi elemen penting di pasar yang dibidik bagi pemilik bisnis disaat bisnis sudah mulai besar, tidak menutup kemugkinan jika anda tidak pendaftaran merek dagang akan diciplak oleh pesaing bisnis anda.

Apa yang terjadi jika merek dagang anda dijiplak dan didaftarakan oleh kompetitor di bisnis anda ? tidak perlu dijawab, anda dapat memikirkannya.

Beberapa Keuntungan Pendaftaran Merek di HKI ?

  1. Mendapatkan perlindungan hukum
  2. Mengurangi resiko plagiat
  3. Menambah nilai asset perusahaan
  4. Membuka peluang waralaba
  5. Menjaga citra perusahaan dan kepercayaan konsumen.

Pendaftaran merek yang seperti apa yang dapat di beri perlindungan :

  • Gambar : contohnya merek mobil yang di Indonesia gambar logo Toyota, Daihatsu, Mitshubishi dan lainnya;
  • Kata : contohnya LDP Media, Trans TV, H. Apud, Batik Salma Trusmi dan lainnya;
  • Nama : contohnya Salvatore Ferragamo atau Ivan Gunawan;
  • Frasa : contohnya Air Mancur atau Sinar Jaya;
  • Kalimat : contohnya terus terang philip terang terus;
  • Huruf : contohnya G pada logo google dan F pada logo Facebook;
  • Angka : contohnya 7 pada logo seven eleven dan 3 pada logo Three provider GSM;
  • Susunan warna : contohnya logo pertamina dan pepsi
  • Hologram :
  • Bentuk 3 dimensi :

Pendaftaran merek yang tidak dapat didaftarkan :

  • Tidak diperbolehkan mendaftaran merek yang jenis dan kelas yang sama
  • Bertentangan dengan undang-undang kesusilaan atau ketertiban umum, moralitas agama. Salah satu contohnya merek buddha bar.
  • Telah menjadi milik umum, seperi gambar macan ali atau seperti palang merah, jika diberi ornament tambahan seperti logo Swiss Army dan Skullcandy bisa didaftarkan.
  • Menyerupai huruf merek yang sudah terdaftaran, merek yang terdaftaran KHALIFAH dengan kategori pakaian jadi, mendaftarkan menjadi KHALEEFA akan ditolak.
  • Merek sudah terkenal, memang kriteria baku merek sebenarnya belum diatur secara resmi dalam peraturan pemerintah, tapi penentuan apakah suatu merek dapat dianggap terkenal atau tidak dari adanya pendaftaran dari sejumlah negara.
  • Indikasi geografis yang sudah dikenal didunia contohnya merek Kintamani, tidak dapat didaftaran sebagi merek untuk kopi karena sudah ada indikasi geografis Kopi Kintamani.

Berapa biaya pendaftaran di HKI :

  • UKM/UMKM : Rp. 500.000 (syarat dan ketentuan berlaku)

Pendaftaran dapat dilakukan secara online dan offline, jika online dapat mengunjungi website Direktorat Jenderal kekayaan Intelektual dan jika pendaftaran secara offline dapat mengunjungi kantor DJKI.

Berapa lama proses pendaftaran merek :

Peroses permohonan pendaftaran merek memerlukan proses waktu yang Panjang pendaftran memakan waktu 7 – 9 bulan sejak tanggal penerimaa. Hal ini merupakan yang diatur dalam UU merek yang baru, UU no. 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.  

Berdasarkan UU no. 15 tahun 2001 tentang Merek, jangka waktu proses permohonan adalah sekitar 12 s/d18 bulan. Pada kenyataannya DJKI kesulitan memenuhi jangka waktu tersebut, terutama disebabkan oleh tingginya volume permohonan yang masuk berbanding dengan tenaga pemeriksa yang dimiliki oleh DJKI. Biasanya satu permohonan saat ini akan memakan waktu antara 18-24 bulan sampai terbitnya Sertifikat.

Baca juga informasi : Peluang Bisnis Yang Dapat di Jalankan Saat Virus Corona

Berapa lama perlindungan merek yang sudah didaftarkan :

  • Masa perlindungan hak merek setelah disetujui yaitu 10 tahun.

Pendaftaran secara online dapat mengunjungi website https://www.dgip.go.id/