Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia. Pakaian dari hari ke hari mengalami perubahan trend dan juga fungsi. hal ini yang menjadikan bisnis pakaian / konveksi menjadi salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Meski bukan merupakan peluang yang sangat besar, pakaian atau konveksi nyatanya masih menjadi peluang usaha yang banyak dirintis oleh pengusaha pemula.

Baca juga informasi : Legalitas Usaha

Produk konveksi selalu dibutuhkan oleh manusia pada umumnya, baik dari usia anak kecil, remaja bahkan hingga orang tua sekalipun. Tak heran hal itu tentu menjadikan saingan bisnis semakin kuat.

Apa saja hal  yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha konveksi :

  1. Persiapkan Modal

Setiap bisnis pasti sangat membutuhkan yang namanya modal. Modal bisnis konveksi itu tergatung pada persiapan dan strategi anda. Jika anda menginginkan produksi yang langsung / instan (Ready stock) tentu Anda akan membutuhkan modal yang cukup besar.

Baca juga informasi : Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Dilakukan Dirumah Tanpa Modal

Berbeda jika Anda ingin menerapkan pra-pemesanan (pre-order) modal yang dibutuhkan menjadi tidak terlalu besar. Modal dalam membuat bisnis konveksi biasanya digunakan untuk  sarana produksi dan juga sebagai media promosi.

  1. Tetapkan Supplier

Sebelum usaha konveksi berjalan, pastikan kita telah memiliki akses supplier yang tepat. Supplier yang kita pilih sesuai bidang garapan konveksi kita. Biasanya yang kita harus jalin kerja sama untuk usaha konveksi adalah penyadia berbagai macam jenis kain, mesin dan peralatan jahit, tinta dan kelengkapan sablon. Kelengkapan pengemasan juga perlu seperti plastik, karung dan karton untuk pengiriman.

Berikut beberapa tips dalam memilih supplier :

  • Lokasi Supplier

Lokasi supplier berpengaruh pada biaya operasional pengadaan dan juga pada kualitas layanan kita kepada konsumen. Karena seringkali konveksi dikejar deadline agar pesanan sesuai dengan kesepakatan.   

  • Kemudahan Komunikasi

Pilih supplier bahan baku yang mudah untuk dihubungi. Baik komunikasi via telpon, wa, email dan media lain yang menjamin kecepatan layanan. Pilih juga yang memiliki teamr suport yang baik dalam melayani komplain dan informasi ketersediaan bahan baku.

  • Terpercaya

Supplier yang menjamin ketersediaan bahan baku dan kualitas yang terjaga. Hal ini penting karena akan menentukan kinerja atau keberlangsungan bisnis konveksi anda.

  1. Tentukan Jenis Produk

Usaha memiliki berbagai pilihan produk, kita harus memilih atau harus menggarap semua jenis produk. Lebih disarankan untuk pemula fokus pada salah satu jenis produk, misal berbagai busaha berbahan kaos, atau busana muslim, atau kalau memungkin bisa keduanya.

Menentukan jenis produk akan sangat menentukan posisi produk anda di persaingan bisnis konveksi. Jenis produk yang anda pilih juga menentukan Branding dan juga strategi pemasaran.

Bangun kepercayaan dan brading produk

Seperti hal nya bisnis lain,  Membuka bisnis konveksi juga memerlukan kepercayaan pelanggan. Kepercayaan dibangun agar reputasi bisnis dapat dikenal baik.

 Jika anda mempunyai cukup modal untuk mendirikan usaha konveksi.  Alangkah lebih baik jika dapat dipergunakan secara efisien. kalau pun tidak ada anda dapat menawarkan bekerja sama kepada orang lain, atau anda juga dapat meminjam kepada  pihak bank, koperasi untuk membuka  usaha konveksi.

 Agar bisnis anda berkembang, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan cara memasang iklan. Berkaitan dengan pepatah tak kenal maka tak sayang. Fungsi iklan itu sendiri untuk memperkenalkan usaha Anda sehingga meningkatkan strategi dari pada pemasaran bisnis anda sendiri.

Dalam era digital saat ini, kita perlu juga untuk menggunakan media digital untuk memudahkan pemasaran. Kita juga bisa memanfaatkan media sosial, marketplace dan rekrutmen reseller untuk pengembangan usaha lebih besar.