Ibu rumah tangga bisa menghasilkan banyak uang di rumah, sebab ada bisnis ibu rumah tangga yang sangat menggiurkan. Biasanya ibu rumah tangga dinilai tak mampu menghasilkan uang, sebab tak bisa keluar rumah untuk mencari pekerjaan.

Ibu rumah tangga identik dengan bekerja mengurus rumah tangga, yang notabene memang tidak menghasilkan uang sama sekali.

Baca juga informasi : Peluang Bisnis Yang Dapat Dijalankan Saat Virus Corona

Namun belakangan ini makin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh IRT, walau mereka tak beranjak dari rumah sama sekali. Sehingga para ibu bisa memanfaatkan waktu luang yang mereka miliki, tanpa perlu meninggalkan anak dan suami demi bekerja.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis bagi para IRT yang dilakukan di rumah, bahkan tanpa modal.

Macam-Macam Bisnis Ibu Rumah Tangga

Memasak adalah salah satu keahlian ibu rumah tangga, dan biasanya  hanya digunakan untuk memuaskan perut keluarganya saja.

Namun jika kemampuan masak tersebut sangat baik, maka ibu rumah tangga bisa memanfaatkannya untuk mencari penghasilan tambahan.

Baca juga informasi : Cara Daftar Merek Untuk UMKM/UKM Terbaru

Salah satu bisnis ibu rumah tangga adalah membuka pesanan kue, sistem PO begitu biasanya yang dilakukan. jadi IRT hanya cukup mengiklankan jenis makanan atau kue yang bisa ia buat di medsos, lalu beri jangka waktu tertentu untuk masa pemesanan.

Jadi saat masa tersebut, kumpulkan pesanan yang masuk, pakai sistem DP atau full payment dan setelah tutup masa PO, barulah semua pesanan dimasak bersama. Sehingga bisa menghemat waktu, tenaga dan juga tak perlu banyak modal.

Baca juga informasi : Seberapa Penting Pendaftaran Merek Di DJKI Untuk UMKM/UKM

Tak hanya itu saja, dengan menjadi reseller dari berbagai online shop besar pun bisa jadi pilihan. Hal ini bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri untuk menjadi reseller, kemudian memajang foto-foto produk di medsos yang dimiliki, serta menunggu pesanan masuk.

Dengan menunggu pesanan seperti itu, maka tak perlu mengeluarkan modal sama sekali.

Trik Supaya Sukses Bisnis Ibu Rumah Tangga

Untuk menjadi sukses dalam bisnis, maka tentu saja ada trik yang harus dipelajari. Salah satunya adalah dengan tidak mengeluarkan banyak modal, hal ini dimaksudkan supaya tak perlu mengalami  kerugian karena usaha tersebut tak berjalan lancar.

Seperti yang disebutkan di atas, contohnya dalam usaha jualan makanan dengan sistem PO. Para calon pembeli harus membayar DP terlebih dahulu, supaya saat ia membatalkan pesanannya maka kita tak akan rugi sebab DP tersebut jadi hangus.

Selain itu, trik lainnya adalah jangan mencampur uang usaha dengan uang belanja. Sebab jika sudah berhubungan dengan belanja, maka uang seberapa besar pun tak akan tersisa. Baiknya miliki dompet terpisah untuk uang belanja dan juga untuk uang bisnis.

Jadi bisa dilihat berapa besaran uang belanja yang dimiliki, dan bisa menyesuaikan apa saja yang akan dibeli. Sementara itu uang bisnis akan tetap diperuntukkan bagi bisnis, misalnya untuk menambah alat masak, atau menambah properti lainnya untuk mendukung jualan.

Laba yang didapatkan pun jangan sampai boros, untuk beberapa kali penghasilan awal gunakan laba untuk memperbesar usaha sehingga bisnis bisa berkembang.

Jangan malas untuk mempelajari berbagai teknik marketing online, karena di media sosial kita bisa mendapatkan banyak sekali pelanggan. Tak hanya pelanggan di sekitar saja, namun juga para pelanggan dari seluruh Indonesia. Manfaatkan internet dengan baik, sehingga bisa mendapatkan keuntungan maksimal bisnis ibu rumah tangga, sekaligus tetap mengurus anak dan suami dengan maksimal juga.