Strategi pemasaran produk sangat penting dimiliki, apalagi jika ingin menjadi yang unggul dibandingkan para kompetitor. Di Indonesia, hampir setengahnya populasi adalah pengguna internet aktif dan mereka tentu saja berbelanja online juga. Sehingga tanpa strategi pemasaran yang tepat, maka jangan harap mampu meraih mereka untuk menjadi pelanggan kita.

Baca Juga Informasi : Cara Pendaftaran di Tokopedia Melalui PC/Laptop Terbaru

Seperti halnya berburu, tentu tak bisa dilakukan dengan tangan kosong dan tanpa teknik khusus, bukan? Perlu jaring atau anak panah, bahkan perlu sedikit ide untuk merayu buruan masuk ke jaring kita dan akhirnya dibawa pulang.

Demikian dengan calon pembeli, ada strategi yang harus dikaji matang-matang, supaya hasilnya maksimal dalam mengundang pembeli potensial membeli produk yang kita jual.

Strategi Pemasaran Produk Baru

Setiap orang memiliki potensi untuk berhasil dan sukses, bergantung pada strategi yang dijalankannya. Jika kita memiliki sebuah produk yang visioner, dan berguna untuk mobilitas masyarakat modern saat ini, tentu harus dipasarkan dengan benar sehingga bisa booming serta laris manis, bukan?

Lakukan strategi pemasaran produk di bawah ini :

  1. Ketahui pangsa pasar

Ini hal pertama yang harus dilakukan, untuk siapa produk kita diperuntukkan? Dalam rentang usia berapa? Misalnya produk untuk dewasa muda, rentang usia 20 hingga 30 tahun.

Baca Juga Informasi : Cara Pendaftaran Merek Untuk UKM/UMKM Terbaru

Maka kita harus tahu pukul berapa mereka akan online? Biasanya saat jam makan siang dan selepas kerja, maka pada jam tersebut iklan harus diluncurkan, sehingga besar kemungkinan iklan sampai pada calon potensial kita.

  1. Buat iklan yang ciamik

Jika sudah mengetahui poin pertama, maka tugas selanjutnya adalah mengemas produk di dalam iklan yang mantap. Jangan terpaku dengan iklan standar saja, buat iklan yang menarik bahkan dari lirikan pertama.

Baik itu dengan permainan warna, kata-kata, desain grafis, atau sekadar suara-suara yang menarik. Jika perlu, gunakan jasa profesional untuk membuat iklan yang potensial booming.

  1. Berikan diskon atau free product jika perlu

Karena sangat dimaklumi jika produk baru dipandang sebelah mata, banyak calon pembeli yang lebih memilih produk keluaran lama ketimbang produk baru kita. Oleh sebab itu, selain iklan yang mantap, maka pastikan punya sedikit trik untuk ‘merayu’ pembeli membeli produk kita.

Misalnya dengan memberikan diskon khusus, atau dengan memberikan free product setiap pembelian dua produk. Yang jelas, lakukan perhitungan yang tepat dan matang sebelum melakukan teknik ini, supaya tidak merugi.

Strategi Pemasaran Produk Supaya Penjualan Tetap Bagus

Jika berhasil dengan pemasaran produk baru, maka sudah tentu kita ingin produk tersebut tetap dijual di pasaran, dan banyak pembelnya, bukan? Maka ada cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan memberikan layanan paska jual yang memuaskan.

Sediakan layanan costumer care yang sedia untuk melayani panggilan pelanggan untuk menyampaikan keluhan, kritik, pertanyaan dan juga saran.

Baca Juga Informasi : Memiliki Usaha Sampingan Saat Bekerja Kenapa Tidak

Hal itu akan membuat pelanggan merasa diperhatikan dan dianggap keberadaannya, sehingga mereka pun bisa menjadi pembeli yang loyal dan bahkan bisa mengabarkan produk kita pada koleganya.

Jika memiliki banyak pelanggan yang loyal seperti ini, jangan lupa untuk memberikan loyalty rewards yang akan membuat mereka semakin loyal.

Semakin banyak pembeli loyal, makin bagus pula untuk kelangsungan bisnis kita.

Jangan ragu untuk berinovasi, lebih peka melihat sekitar dan jangan membatasi diri dari pelanggan.

Bangun suasana kekeluargaan yang akrab, itu juga sebuah strategi pemasaran produk yang pasti berhasil.